Kamis, 02 Februari 2017

ARTIKEL BROKOLI

BROKOLI


               Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.
Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.
Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.
Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker[1].


 B.   Jenis-Jenis Tanaman Brokoli
  1.    Brokoli Italia Hijau. Brokoli ini biasanya banyak dijumpai di pasar dan berwarna hijau tua.  2.    Brokoli Romanesco Fractal. Brokoli ini berwarna hijau muda dan bentuk setiap sulir mewakili logaritma spiral sebagai satu kembang utuh (seolah-olah sbg miniatur). Jadi, keseluruhan brokoli adalah "spiral besar" yang3.   Brokoli Kuning. Brokoli ini sangat mirip dengan kembang kol namun  4.     Brokoli Ungu. Brokoli ini berwarna ungu dan memiliki daun seperti kembang kol namun lebih kecil. Brokoli jenis ini biasanya dijula di Spanyol, Itali dan Inggris.   

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan
Manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi brokoli diantaranya yaitu:
1. Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat brokoli yang pertama adalah menjaga kesehatan kulit. Selain itu rajin mengonsumsi brokoli dapat membuat kulit kamu menjadi cantik. Kombinasi vitamin A, C dan E yang dikandung brokoli dapat menjaga kesehatan kulit.
2. Banyak Mengandung Vitamin D
andungan gizi terbanyak yang dimiliki brokoli adalah vitamin D. Vitamin D dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kamu dapat mengonsumsi brokoli. Selain itu brokoli juga banyak mengandung vitamin K dan A yang dapat membantu proses penyerapan vitamin D.
3. Menjaga Kesehatan Jantung
Penyakit jantung masih menjadi ancaman tertinggi bagi kesehatan. Brokoli banyak mengandung serat yang baik untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Menjaga kolesterol dapat mengurangi risiko jahat bahaya serangan jantung.
4. Mengurangi Alergi
Jika kamu memiliki masalah dengan alergi, cobalah untuk rutin mengonsumsi brokoli setiap hari. Brokoli memiliki kandungan kaemferol yang baik untuk mengurangi masalah alergi dalam tubuh kamu.
5. Mencegah Kanker
kanker adalah masalah yang umum bagi kesehatan. Brokoli dapat digunakan sebagai makanan yang dapat mengurangi risiko kanker dalam tubuh. mengonsumsi brokoli rutin setiap hari baik untuk kesehatan tubuh.
6. Berfungsi untuk Menurunkan Berat Badan
Para pelaku diet tidak mudah untuk melakukan diet. Ada saja kendala yang ditemui dalam menjalani diet. Ladies, coba masukkan brokoli dalam menu diet kamu. Brokoli mengandung sedikit kalori, sehingga baik untuk program diet kamu.
7. Mencegah Osteoporosis
Tulang keropos atau seringkali disebut osteoporosis sangat berbahaya bagi kesehatan. Rutin mengonsumsi brokoli baik untuk mengurangi risiko osteoporosis, kandungan kalsium dan vitamin K membantu tulang kamu tetap terjaga.
8. mengurangi risiko kanker kemih
Makan brokoli secara teratur dapat mengurangi perkembangan sel kanker kandung kemih hingga 40% lho. Ini adalah salah satu manfaat brokoli yang sangat bagus.
9. Mencegah Osteoarthritis
Osteoarthritis atau degenarasi tulang rawan biasanya terjadi pada usia pertengahan ke atas. Menurut penelitian, brokoli mengandung senyawa yang disebut dengan Sulforaphane, yang dapat menghalangi enzim penyebab kerusakan tulang rawan, dengan cara mencegah terjadinya peradangan.
10. Mencegah Kanker Kulit
Brokoli dapat melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV, Ladies. Selain mengkonsumsinya, kamu juga bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung brokoli untuk mendapatkan perlindungan kulit ekstra.
11. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan carotenoid lutein yang melimpah pada brokoli dapat membantu mencegah berkurangnya penglihatan akibat bertambahnya usia. Brokoli juga akan menjaga kesehatan mata dan mencegah kita dari terserang katarak.
12. Mengurangi Resiko Stroke
Carotenoid lutein dalam brokoli berperan untuk memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh manusia, sekaligus mencegah penyakit jantung dan stroke. Vitamin B6 dan asam folat yang dikandungnya juga dapat mengurangi risiko terserang atherosclerosis, serangan jantung, dan stroke.
13. Menjaga kekebalan tubuh
Brokoli mengandung banyak beta-karoten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, seng, dan selenium yang terkandung dalam brokoli membuat tubuh Anda sehat.


14. Sumber kalium
Kalium arau potassium adalah salah satu yang mineral yang terdapat dalam brokoli. Kalium adalah mineral penting, kalium dalam brokoli berguna untuk menjaga saraf dan otak serta berguna untuk pertumbuhan otot.
15. Manfaat brokoli untuk kesehatan tulang.
Brokoli adalah sayuran hijau yang sarat dengan kalsium dan vitamin K. Kehadiran mineral dua kali membuat tulang Anda tetap sehat dan kuat kesehatan.
16. Melawan radikal bebas.
Bagi Anda yang sering pergi keluar dan bermain di terik matahari sangat berbahaya dengan radikal bebas. Untuk melawan radikal bebas Anda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan. Vitamin C adalah salah satu anti-oksidan bentuk dalam tubuh. Antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C adalah antihistamin yang efektif untuk meredakan flu.
17. Detoksifikasi
Tiga nutrisi utama dalam brokoli yang bisa membantu sistem detoksifikasi, yaitu glucoraphanin, gluconasturtiian dan glucobariscin. Trio nutrisi ini bekerja dengan cara mengaktifkan, menetralkan serta menghancurkan zat-zat bersifat racun dalam tubuh kita nih.
18. Anti Radang
Tak hanya itu kehebatan si brokoli ini. Seperti apa yang dijelaskan dalam whfoods.com, brokoli masih memiliki kesaktian yang lain, yaitu sebagai makanan dengan fungsi anti peradangan yang hebat.
19. Menyehatkan sistem saraf
Manfaat brokoli yang lainnya adalah menjaga kesehatan sistem syaraf. Dengan tingginya kandungan kalium dan magnesium di dalamnya, maka brokoli baik untuk kesehatan sistem saraf Anda.
20. Membersihkan kulit
Ingin kulit Anda terlihat lebih bersih? Konsumsilah brokoli sebab brokoli mengandung glucoraphanin yang baik untuk proses doteksifikasi kulit. Ini merupakan salah satu manfaat brokoli dalam dunia kecantikan.


        Kandungan Gizi dan Khasiat Sayuran Brokoli

           informasitips.com – Jenis sayuran yang berkhasiat obat memang sangat banyak, salah satunya adalah brokoli. Si hijau dengan nama latin Brassica oleracea varitalica ini merupakan sayur suku kubis-kubisan yang berasal dari laut tengah dan masuk ke Indonesia sekitar tahun 70-an. Brokoli termasuk sayuran yang rendah kalori dan bisa dikatakan sebagai makanan yang super. Mengapa disebut super? Karena selain populer sebagai bahan pangan, sayuran ini juga kaya akan berbagai kandungan gizi yang sangat bagus. Brokoli adalah sayuran dengan ranking tertinggi sebagai obat tradisional antikanker.  Wow, si hijau yang luar biasa, bukan? Lalu, apa saja sih kandungan gizi dan khasiat sayuran brokoli?
·         Kandungan Gizi Brokoli
1.       Brokoli mengandung energi, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang berguna bagi tubuh.
Nilai Gizi yang terkandung dalam 156 gram brokoli
(1 mangkuk brokoli yang dikukus)
Kalori
43.68 kal
Protein
4.66 g
Asam Lemak Omega-3
0.20 g
Karbohidrat
8.19 g
Lemak
0.55 g
Kalsium
74.72 mg
Potassium (Kalium)
505.44 mg
Fosfor
102.80 mg
Besi
1.37 mg
Zinc (Zn)
0.62 mg
Magnesium
39.00 mg
228.07 RE
Vitamin B1 (Thiamin)
0.09 mg
Vitamin B2 (Riboflavin)
0.18 mg
Vitamin B6 (pyrodoxin)
0.22 mg
Vitamin B3 (Niasin)
0.94 mg
Vitamin B5 (Pantothenic acid)
0.79 mg
93.91 mcg
Vitamin C
123.40 mg
Vitamin E
0.75 mg
Vitamin K
155.20 mg
Serat
4.68 g
Mangan
0.34 mg
Triptofan
0.05 g
2.       Brokoli merupakan sayuran rendah kalori, lemak, dan sodium, bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium, dan tidak mengandung kolesterol


3.       Sayuran yang paling baik tumbuh di daerah beriklim dingin dan tanah yang lembab ini merupakan sumber serat yang sangat baik. Kandungan serat dalam brokoli bahkan lebih banyak daripada serat yang ada dalam roti gandum. Serat ini sangat baik untuk sistem pencernaan.

4.       Brokoli juga mengandung asam folat. Folat merupakan salah satu vitamin yang sangat baik dan bermanfaat bagi ibu hamil dan janin.

5.       Kandungan Vitamin C di dalam brokoli sangat tinggi bahkan Vitamin C yang terdapat dalam brokoli lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk. Vitamin C yang tinggi akan mempermudah tubuh dalam meyerap zat besi.

6.       Kandungan kalsiumnya hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu (71.8 mg kalsium brokoli sama dengan 120 ml kalsium susu).

7.       Vitamin K yang terkandung dalam brokoli juga penting untuk menguatkan tulang dan membantu pembekuan darah.
8.Brokoli juga mengandung karoten dan lutein.

·         Khasiat Brokoli

1.       Brokoli merupakan sayuran yang sangat bagus untuk melawan dan mencegah kanker. Agen anti kanker yang terkandung di dalamnya yaitu indoles, sulforaphane (zat ini akan membentuk enzim yang mampu melawan kanker, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, dan tekanan darah tinggi), Isothiocyanate, glukosinolate, ditihiolthione, dan beta karoten.
Khasiat sayuran Brokoli dalam melawan kanker ternyata tidak hanya mampu mencegah perkembangan tumor sekitar 60%, tetapi juga mampu mengecilkan ukuran tumor yang sudah ada sekitar 75%.
Indole dapat meningkatkan ekskresi estrogen yang diikat pada kanker pay*d*ra. Itulah sebabnya mengapa akhir-akhir ini banyak dianjurkan pada wanita untuk mengonsumsi brokoli guna mencegah timbulnya kanker pay*d*ra dan kanker rahim. Indole juga memiliki efek antiproliferatif yang potensial di dalam sel kanker prostat.
Sementara sulforaphane merupakan zat yang dapat menaikkan enzim detoksifikasi di dalam tubuh yang mampu mengubah expresi gen, sehingga berpotensi lebih cepat dalam menghilangkan zat-zat karsinogenik.
Sulforaphane juga dapat melindungi gen-gen yang rentan terkena penyakit kanker kolon. Efek dari senyawa ini akan mengecilkan tumor, memperlambat pertumbuhan tumor, dan lebih banyak membunuh sel-sel tumor.
2.       Brokoli juga mampu menormalkan kadar gula dalam darah.
Brokoli dapat juga dimanfaatkan sebagai pengganti nasi oleh penderita kencing manis (diabetes), karena brokoli merupakan sumber karbohidrat dengan jumlah kalori yang lebih rendah daripada nasi.
3.       Brokoli mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.
Penelitian di Amerika menemukan bahwa sayur brokoli mengandung serat pektin tertentu yaitu kalsium pektat yang mampu mengikat asam empedu. Akibatnya lebih banyak kolesterol yang tertahan di hati dan sedikit kolesterol yang dilepaskan ke aliran darah. Efektifitas brokoli dalam menurunkan kadar kolesterol jahat ternyata sama dengan obat penurun koleterol.
4.       Bagi wanita hamil, disarankan untuk mengonsumsi brokoli, karena adanya asam folat yang terkandung di  dalamnya.
5.       Brokoli juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya gangguan jantung, stroke, berbagai jenis kanker yaitu kolon, prostat, paru, kandung kemih, pay*d*ra, rahim, leher rahim (serviks), esophagus, laring.
6.       Vitamin A dan C  yang terkandung dalam brokoli bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tetap awet muda, menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai infeksi lainnya.
7.       Serat dalam brokoli dapat dimanfaatkan untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan.
8.       Brokoli dapat meningkatkan PH yang terlalu asam dalam tubuh, sehingga akan membuat aktivitas hati menjadi lebih baik, jaringan tubuh menjadi elastik, otot menjadi lentur, tulang pun menjadi lebih kuat.
9.       Mengonsumsi brokoli secara teratur juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan kecerdasan, karena brokoli memperlancar aliran asam amino ke otak.
10.   Brokoli juga mampu melindungi mata dan penglihatan Anda, dan mengurangi resiko timbulnya katarak.




cara menaman brokoli yang baik :

1. Persiapan Lahan

Lahan yang akan ditanami terlebih dahulu dibersihkan dari sisa-sisa akar tanaman sebelumnya. Tanah yang sudah bersih tersebut selanjutnya digemburkan dengan cara dibajak atau dicangkul. Setelah itu, dibuat guludan-guludan (tumpukan tanah yang memanjang) selebar hingga 100 cm di atas lahan sebagai media penanaman brokoli. Tinggi ideal guludan-guludan tersebut adalah sekitar 35 cm dengan jarak antar guludan sekitar 40 cm. Disarankan PH tanah diatas 5,5 dan jika lebih rendah sebaiknya dilakukan pengapuran tanah.

Lahan yang telah siap tersebut kemudian diberi pupuk kandang dengan jumlah secukupnya sesuai dengan luas lahan. Hal ini mengandung maksud agar tanah menjadi lebih subur sehingga tanaman brokoli dapat memberi hasil yang maksimal.

2. Pembenihan dan Persemaian

A. Pembenihan

- Benih terlebih dahulu harus disterilisasi dengan cara direndam ke dalam air panas bersuhu 550C selama 15 – 30 menit, atau dengan merendam benih ke dalam larutan fungisida dengan dosis sesuai anjuran.

- Benih yang sudah disterilisasi selanjutnya diseleksi dengan cara merendam biji benih ke dalam air. Biji benih yang baik, akan tenggelam sementara yang jelek akan mengapung atau melayang di dalam air.

- Benih yang baik tersebut kemudian direndam selama kurang lebih 12 jam, atau sampai benih terlihat pecah, dengan tujuan agar benih cepat berkecambah.

B. Persemaian

- Tempat persemaian benih dilakukan di bedengan. Sebelum dibuat bedengan, tanah terlebih dahulu dicangkul dengan kedalaman 30 cm. Setelah itu dibuat bedengan atau guludan dengan lebar 110 - 120 cm, dan panjang sesuai dengan kebutuhan.

- Penyemaian dilakukan dengan dua cara, pertama disebar diatas bedengan dan kedua dengan memakai plastik polibag.

- Media semai yang digunakan adalah campuran tanah halus dan ayakan pupuk kandang matang dengan perbandingan 1 : 2 atau 1 : 1. Setelah media semai siap, masukkan benih satu persatu ke dalam plastik polibag yang telah diisi media tanam sedalam 0,2 – 1,0 cm dan tutup tipis dengan tanah atau pupuk kandang matang.

- Siramlah benih tersebut pada pagi dan sore, serta tutuplah dengan daun pisang untuk menjaga kelembaban agar kecambah cepat tumbuh. Begitu tumbuh kecambah, daun pisang dapat dibuang.

3. Penanaman

Penanaman bibit brokoli dilakukan dengan memindahkan bibit-bibit yang siap tanam ke atas guludan-guludan yang telah dipersiapkan. Penanaman diatur dengan jarak tanam sekitar 50 cm x 50 cm di atas guludan. Cara menanam bibit-bibit tersebut dengan memasukkan bagian akar ke dalam tanah guludan secara hati-hati agar akar maupun daun tidak sampai rusak.


4. Pemeliharaan

Tahap pemeliharaan terdiri atas beberapa bagian, diantaranya adalah:

a. Penyulaman

Penyulaman bertujuan untuk mengganti tanaman yang rusak atau mati. Penyulaman hanya dapat dilakukan sebelum tanaman berumur dua minggu.

b. Perempelan

Lakukan perempelan cabang seawal mungkin agar ukuran dan kualitas masa bunga yang terbentuk dapat lebih optimal. Setelah terbentuk masa bunga, ikatlah daun – daun tua sedemikian rupa, sehingga masa bunga dapat ternaungi matahari. Penutupan berfungsi untuk mempertahankan warna bunga agar tetap putih.

c. Pengendalian Hama dan Penyakit

Untuk mengendalikan hama dan penyakit dapat dilakukan dengan pemakaian benih yang bebas penyakit, yakni dengan merendam benih ke dalam air panas bersuhu 500 C atau direndam ke dalam fungisida / bakterisida selama 15 menit. Pengendalian hama juga bisa dilakukan lewat rotasi tanaman, sanitasi kebun, menanam kultivar /varietas yang tahan penyakit.

Melakukan sterilisasi media semai, menghidari tanaman dari kerusakan mekanis atau gigitan serangga, mencabut tanaman yang terserang penyakit, serta pengapuran pada tanah masam. Sedang untuk mencegah serangan hama penyakit, lakukan penyemprotan pestisida meskipun belum ada gejala serangan hama. Penyemprotan tersebut dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali.

d. Penyiangan

Penyiangan pertama dilakukan pada 7 – 10 hari setelah tanam, bersamaan dengan penggemburan tanah serta pemupukan. Penyiangan kedua dilakukan pada 20 hari setelah tanam, dan penyiangan ketiga pada 30 -35 hari setelah masa tanam. Ketika melakukan penyiangan dan penggemburan, harus dilakukan dengan hati – hati dan jangan terlalu dalam supaya akar tidak rusak Penyiangan baru dihentikan pada masa akhir pertumbuhan vegetatif (memasuki masa pembungaan).

e. Pemupukan tambahan

Pada umur satu minggu, tiga minggu, dan lima minggu setelah tanam, pupuk susulan diberikan di sekeliling tanaman sejauh 10 - 15 cm dari batang tanaman. Dosis pemupukan tersebut adalah sebagai berikut:

- 1 minggu setelah tanam Urea / ZA 44 kg + TSP 93 kg + KCL 45 kg

- 3 minggu setelah tanam Urea / ZA 44 kg + TSP 93 kg + KCL 45 kg

- 5 minggu setelah tanam Urea / ZA 44 kg + TSP 93 kg + KCL 45 kg

Dosis tersebut di atas dipakai untuk setiap satu hektar lahan.


f. Penyiraman atau Pengairan .

Pada fase pertumbuhan awal atau masa pembentukan bunga , kondisi tanah harus senantiasa dijaga agar tetap dalam keadaan basah. Untuk itu lakukan penyiraman seminggu 2 - 4 kali .atau melihat kondisi tanah.

5. Panen dan pasca panen.

Pada saat masa bunga mencapai ukuran maksimal, atau ketika tanaman brokoli telah berumur 55 - 100 hari, (tergantung varietas / kultivar tanaman), barulah brokoli bisa dipanen. Brokoli yang sudah dipanen selanjutnya diletakkan di tempat yang teduh sebelum dilakukan proses penyortiran. Sortir dilakukan berdasarkan diameter kepala bunga yang terbagi 4 kelas yaitu : 30 cm, 25 – 30 cm, 20 – 25, dan 15 – 20 cm. Untuk penyimpanan, sebaiknya diletakkan di ruang gelap pada temperature 200 C, dengan kelembaban 75 -85 %, atau di dalam kamar dingin dengan temperatur 4,40 C dengan kelembaban 85 -95 %.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar